Kala Liburan Mulai Datang

/
4 Comments
Yatta! Ujian hidup Akhir Semester rampung, waktunya leyeh-leyeh alias libur! Karena masih awal-awal liburan dan masih bingung mau ngapain, dan saya juga nda pulang kampung *bukan anak perantauan, ihiks* akhirnya merealisasikan yang tidak jadi-jadi, masak rame-rame. Guest atau asisten atau yang menemani tentunya yang juga selonya bareng-bareng saya, alias teman kuliah sendiri. I presented, Kak Zahra, Mbak Melin, Bang Nopal, Oki dan Mas Ganis dan Mbak Lyza yang dateng terakhir :3



18 Januari 2013
Sebenarnya ide masak-masak ini dari kak Zahra yang berencana nginep tapi nda jadi 1 hari sebelum acara ini muncul, tapi nda jadi dan akhirnya diputuskan untuk masak-masak kemudian harinya alias kemarin Jumat. Karena dirasa cukup 'krik-krik' cuma berdua, akhirnya Kak Zahra ngajak Mbak Melin+Bang Nopal. Bang Nopal ngajak Oki *nyulik dari kampus katanya* dan terakhir Mas Ganis ngajak Mbak Lyza. Jadi, bagaimana awal formasi ini terbentuk, begini:

-Formasi Belanja: Formasi satu ini berawal dari saya, Kak Zahra dan Mbak Melin. Kami janjian ketemu di Superindo Jl. Kaliurang jam 11 siang dan belanjalah kami :v. Bahan-bahannya ada spagetti, jamur shitake, saus tomat, ayam giling, keju, terong, tepung goreng, apel, jeruk lemon, gula palem, dan eskrim. Jadi ada appetizer, makanan utama dan dessert :3 macem orang bule aja, mwakakak

Hasil Belanjaan, Credit to: Zahra Aulianissa
-Formasi Masak 1: Formasi masak pertama hanya ada saya dan Kak Zahra, Mbak Melin ada urusan sebentar jadi harus pergi dan hanya nge-drop Kak Zahra sekaligus ngapalin jalan ke rumah saya. 1st of all adalah: rebus spagetti, goreng terong, dan masak saus spagetti. Karena dirasa spagetti 500gr itu sedikit, akhirnya kami putuskan untuk mematahkannya menjadi 2 *untuk menghindari spagetti gosong juga, karena panci yang saya gunakan cukup pendek ==a*. Ternyatah yang dirasa itu salah, 500gr spagetti itu banyak :v sampe air rebusannya kering dan terus saya tambahin air panas sedikit biar matangnya merata T^T, dan aje gile jadinya segini:

Porsi ngamuk, Credit to: Zahra Aulianissa

Dan akhirnya timbul kengerian sendiri kalau si pasta panjang ini nggak habis ( ≧Д≦). Saya sempet nyeletuk, "dibungkus bawa pulang aja ya kak kalo beneran nih gak abis" dan Kak Zahra nyaut dengan suka cita, "baru mau aku bilang ke kamu mal, dibungkus aja, pasti ntar temen2 kosku mau deh, apalagi gratis", gara2 sautan itu, saya ngekek dan godain, "ya ya, anak kos dan gratis itu memang...," dan nda saya lanjutin, takut saya :)). Rebusan spagetti ini dibarengi masak terong goreng, yang abis duluan sebelum dihidangkan dan difoto hasil jadinya *bener-bener appetizer yang bener-bener habis duluan XD*, tapi untungnya kak Zahra foto terong itu sudah terpotong-potong XD.

Siap diselimuti tepung *yang bikin bersin dan batuk2 +_+* dan di goreng~!

Terakhir, saus spagetti. Karena nggak ada bawang bombay *di Superindo habis yang jual satuan +_+*, akhirnya hanya menumis 5-6 siung bawang putih *hal menggeprek bawangnya sampe rebutan sama kak Zahra, hahah*, lalu ayam gilingnya tumis hingga kaku dan berwarna putih, lalu jamur shitake *kak Zahra semua nih yang masak*, jamur shitake agak layu lalu masukkan saus tomat botolan*satu botol kecil itu saya masukin semua isinya*, air satu setngah gelas, panas sedikit masukkan garam, merica dan oregano. Karena agak asin saya tambahin air sedikit lagi, tungguh mendidih dan masuklah itu cairan tepung terigu sebagai pengental. Kata Kak Zahra gak begitu kental dan banyak banget, tapi percayalah Kak, pada akhirnya saus itu kurang  kan? XD

Kakak Cantik lagi motong-motong jamur, ihiiy~

Sudah jam 1 siang, akhirnya bang Nopal dan Oki datang juga *setelah kita uber-uber suruh cepet dateng*. Dan muncullah,
-Formasi Makan 1: terdiri dari 4 orang, kak Zahra, saya, Oki, dan bang Nopal. 2 lelaki datang sudah siap suka cita untuk melahap masakan kami.

Ready to eat

Dan ada perdebatan mini dimana bang Nopal dan Kak Zahra mengenai "parutan keju". Kak Zahra pengennya panjang dan halus, sedangkan bang Nopal nganggep itu nggak ada bedanya dan rasanya sama aja *yang langsung disambut cemberutnya Kak Zahra, XD*



Mengusahakan makan untuk mengurangi porsi bejibun dari spagetti ngamuk itu, walhasil sausnya habis duluan. Akhirnya, muncullah ide "gimana kalo beli saus kacang siomay" dari bang Nopal. Saya meng-iya-kan saja, karena Mbak Melin sendiri belum datang dan makan, dan akhirnya pada setuju. Berangkatlah mereka (Bang Nopal dan Oki) untuk tugas mencari saus kacang siomay. 


Jam 2 siang, bang Nopal+Oki datang membawa item*saus+lauk siomay*-nya disusul mbak Melin datang dan muncullah Formasi Makan 2 dan Formasi Masak 2.
-Formasi Makan 2: Mbak Melin, Kak Zahra, Bang Nopal, Oki, saya. Masih menyantap makanan yang sama ditambah saus kacang siomay *yang dicampur ke sisa saus spagetti yang kita masak!* dan Apel Goreng Gula Palem~

Ready to Eat #2
-Formasi Masak 2: tetep sama, dibantu sama bang Nopal yang motongin apelnya. Kami membuat kalo bule bilang Caramelized Apple, alias apel karamel. Masak ini gampang-gampang susah. Gampang karena bahannya hanya apel (saya pake apel ijo granny-smith), unsalted butter 3 biji, gula palem dan sedikit gula pasir. Panasin butter+gula palem, masukkin potong2an apel, masak sebentar, tambahkan gula pasir sedikit dan palem lagi. Gulanya ada yang gosong karena saya terlalu lama masaknya *susah ternyata +_+*.

Granny-Smith Green Apple
Masak duyu~ *sankyuu buat fotonya bang nopal*

Credit to: M. Naufal Ridha


Caramelized Apple dan Eskrim 3 Rasa
Apelnya lumayan asam karena saya lumuri jeruk lemon agar tidak menghitam setelah dipotong.
Lanjut ke spagetti saus campur aduk. Kali ini eksperimen dilakukan banyak macam seperti saus spagetti campuran saus kacang+keju. Kalau eksperimen saya dgn saus caramel, apelnya dan eskrim yang saya makan pakai spagetti.. ekstrim? yah, gak juga sih.. :p

Aduk-aduk dulu biar rata XD

Spagetti habis, apel tinggal sedikit dan mas Ganis tiba-tiba sms. "Masih boleh ke sana nda?" katanya dalam smsnya. Mas Nopal yang dapet sms tersebut langsung tanya ke kami gimana enaknya. Tentu saja boleh, tapi ya begini, tinggal apel goreng aja yang masih ada. Mas Ganis tidak masalah, dan meluncur ke rumah saya.
Sembari menunggu akhirnya saya suruh 2 lelaki yang kekenyangan itu buat ngasah-asah alias nyuci piring kotor :p. Sebagai info, Bang Nopal itu mantan ketua HIMAJE alias himpunan mahasiswa jurusan sastra Jepang dan Oki adalah ketua tahun ini. ohohoho~


Formasi cuci-cuci XDD


Mas Ganis akhirnya datang juga bersama Mbak Lyza. Mereka bilang tidak masalah makanannya abis, mereka cuma ingin numpang kumpul sama ngobrolnya. Maka dari itu kami habiskan waktu untuk ngobrol, foto, dan nonton film, dan lengkaplah formasi kami. Jam 4 sore lebih mbak Melin dan kak Zahra pamit duluan karena masih ada urusan. Bang Nopal pun nggak lama kemudian pamit juga buat jemput adiknya. Akhirnya tinggal kami berempat nonton film dan jam 5-an, Oki, Mas Ganis dan Mbak Lyza pun pamitan pulang juga 。:゚(。ノω\。)゚・。

Sip, sekian laporan pertama liburan semester gasal kali ini. Semoga liburan kali ini banyak ngepost dan banyak cerita. Have a nice holiday bagi yang merayakan!(ノ≧∀≦)ノ





You may also like

4 comments:

  1. waakakak, sori sayang, lah nda ketemu bang nopal di kampus pa kemaren? next time ada2in lagi aja ya :3

    ReplyDelete
  2. gilaak, foto apelnya bagus banget :'( sampe terharu

    ReplyDelete