Iseng dan Selo itu Beda Tipis #10: Cheesy Sausage Bruschetta

/
0 Comments


Hola-Halo, tak terasa sudah mau bulan puasa lagi aja ya :3 . Sebelum memulai postingan kali ini, saya pribadi dari pemilik beruangtempe blog dan Iseng dan Selo itu Beda Tipis series memohon maaf jikalau ada kata di postingan yang tidak berkenan dihati yang membacanya.

Yosh, untuk menyambut bulan Ramadhan, saya mau bagi resep lagi :3 . Kali ini saya punya sponsor bahan import dari temen kantor yang sempat edutrip ke Italia dan beli ini bahan tapi nggak sempet-sempet diolah (#senggol @mayangshoo). Namanya bumbu Bruschetta:

Asli dari negerinya cuiii XDD

Nah, kalau di tulisan bungkusnya sebenarnya cuma cukup sediain roti dan olive oil dan voila kamu udah bisa makan roti pakai bumbu Bruschetta ini. Tapi yang namanya saya yang suka makanannya “rame”, walhasil dimodif dikit dengan beberapa bahan lainnya.

Bahan-bahan:
  • 1 roti baguette ukuran regular, potong serong (tadi dihitiung dapet sekitar 15 slices, itu termasuk sama yang ujung bawah dan atasnya).
  • 15 biji cocktail sausage, belah jadi dua. (FYI, saya pakai merk Kanzler sosis nikmat yawlaa mahal emang tapi lagi ada promo beli 1 gratis 1 kemaren, woohoo!). Penggantinya? Bisa pakai sosis merk lainnya yang disuka/harga yang lebih terjangkau, kornet, atau bahkan tuna kaleng.
  • 100 gram keju mozarella. Penggantinya? Of course ceddar craft melt harga 20ribuan perkotak :3
  • Optional 1: bumbu bruschetta. Ini sebenarnya campuran dari tomat kering, oregano, bawang putih dan garam.. doang! Jadi sebenarnya bisa bikin sendiri. Untuk cara membuat tomat kering bisa dicek di wikihow ini http://id.wikihow.com/Membuat-Tomat-Kering dan http://id.wikihow.com/Mengeringkan-Tomat . Kalau merasa ribet, beberapa supermarket besar atau pasar traditional yang cukup besar pula (macem Bringharjo di Jogja atau Pasar Senen di Jakarta) biasanya sudah menjual tomat kering atau bubuk. Saya nggak menyarankan untuk pakai tomat yang masih basah. Alasannya? Roti bakalan jadi lembek ketika kita makan nggak ada efek crispy ala-ala yang di resto gitu #pret. Tapi kalau mau berksperimen bagaimana caranya menghilangkan air dari tomat tanpa harus melewati proses pengeringan yang lama itu, boleh banget!
  • Optional 2: grated parmesan cheese. Ini sayanya aja yang kalap beli bahan ala-ala #goodbyegajian.
  •  Margarin untuk menumis dan ngebakar roti (tips: jangan banyak-banyak untuk rotinya, jadinya keasinan ntar #truestory).
  • Minyak dan tentunya;
  • Alat utama: alumunium foil dan teflon. Ini untuk membantu melelehkan keju.

Cara membuat (lagi-lagi saya males fotonya, maaf uwaaaa).
  1. Panaskan margarin hingga meleleh. Tumis potongan sosis (atau kornet atau tuna). Tiriskan kalau sudah berubah warna kecoklatan.
  2. Panaskan margarin lagi. Panggang potongan roti baguette sampai tektstur luar roti melunak, tiriskan.
  3. This is the fun part! Menyusun tumpukan sebelum “dipanggang”. Siapkan alumunium foil, oleskan dengan minyak di permukaannya terlebih dahulu setelah itu susun rotinya. Kalau saya susun 2-3 slices roti di atas satu lembar (kurang lebih 30cm x 30cm) alumunium foil. Dan susunan topping-nya: Parutan keju mozarella >> bumbu bruschetta >> sosis >> bumbu bruschetta lagi >> keju mozarella >> keju parmesan. Lalu tutup atasnya (kalau alumunium foilnya gak cukup bisa pakai dua lembar alumunium foil, satunya jadi alas, satunya jadi tutup).
  4. “Masak” bungkusan alumunium foil diatas teflon dengan api kecil kurang lebih sekitar 3 menit. Cek jika keju sudah meleleh, berarti tandanya sudah jadi.
  5. Dan tada~ Cheesy Sausage Bruschetta siap dilahap :3.


Simple kan? Jadi sebenarnya bikin keju untuk meleleh itu gak perlu pakai oven, mwahahaha. Dan saya akui ini bahan-bahannya bukan anak kos banget #slappedme. Tapi nggak ada salahnya sesekali buang duit nyoba ala-ala resto tanpa harus ke restonya, ya kan?

Nah, udah jadi satu lagi nih menu yang bisa kamu buat walau kamu anak kosan. Saya juga mau posting lagi resep makanan yang kemarin-kemarin saya posting di instagram saya dengan judul “Bukan kover buku masak-masak”. Nggak tahu kapan, tapi yang jelas di bulan puasa ini kok.. aamiin.

Once again, happy iftar all! Semoga puasa tahun ini juga banyak varokahnya untuk kita semua yang menjalankannya. Ayo ayo tidur, nanti sahur!

This posting is requested by: @rinriko25 #promosiinteman 

Bonus foto:
sebelum dibawa ke kantor tadi pagi XD


You may also like

No comments: